Hindari 4 Kesalahan Pemula Ini Saat Memulai Bisnis



SUPERSTOCK.INFO - Sebagai pemula dalam membangun bisnis ini layaknya bayi yang baru lahir. Terdapat banyak hal dan pengalaman yang belum pernah Anda alami bukan? Berbisnis bukan hal yang mudah tetapi juga tidak bisa dikatakan sulit.


Dalam memulai dan selama menjalankan bisnis akan ada banyak tantangan yang perlu Anda lalui. Melakukan kesalahan adalah proses dalam berbisnis. Proses itulah yang dapat menjadikan Anda sukses dalam dunia bisnis.

Suatu kesalahan harus dapat Anda jadikan sebuah pelajaran yang berharga dan segeralah memperbaikinya agar menjadi lebih baik. Jika Anda hanya meratapi nya dan membiarkannya, tentu akan fatal akibatnya meskipun kesalahan yang terjadi hanya masalah kecil dan ringan. Untuk membantu Anda menghindari dan mencegah kesalahan saat pertama kali memulai suatu bisnis, berikut ini beberapa macam kesalahan yang sering terjadi saat memulai bisnis!

Tidak Melakukan Riset Pasar

Riset pasar adalah salah satu komponen penting dalam pemasaran, tanpa mengetahui karakter mereka Anda tidak akan tahu cara terbaik menjualkan produk dan jasa yang anda miliki kepada masyarakat.

Contoh sederhana begini, Anda ingin memulai jasa service AC dan service kulkas di sebuah area perumahan. Salah satu riset pasar yang paling mudah dilakukan adalah meriset apakah warga disekitar merupakan kalangan menengah ke atas atau ke bawah? Kalau kalangan menengah ke bawah, besar kemungkinan mereka tidak punya AC.

Selain itu, bisa juga riset kompetitor Anda. Cek apa yang jadi keunggulan dan kelemahan Anda dibanding mereka. Misal, mereka hanya bisa memperbaiki AC, tetapi tidak bisa memperbaiki kulkas, nah Anda bisa menonjolkan layanan service kulkas Anda juga, sehingga memberi nilai tambah.

Terjun ke Area Bisnis Dengan Tujuan yang Salah

Sebeum menetapkan diri sebagai seorang pebisnis, Anda harus menetapkan tujuan yang ingin Anda capai saat memasuki area tersebut. Banyak dari pebisnis Indonesia memiliki tujuan yang salah dan pada akhirnya justru menjerumuskan mereka pada lubang kesengsaraan.

Anda bisa saja menjadi wirausaha, tapi apakah tujuan yang Anda ingin capai hanyalah mencari untung? Inilah yang perlu Anda mantapkan pada awal sebelum berbisnis. Tentukan tujuan Anda ketika menjadi seorang pebisnis, jangan hanya karena bosan bekerja dan ingin mendapatkan uang instan menjadi tujuan utama mendirikan sebuah bisnis.

Bisnis adalah tangung jawab yang besar. Anda tak hanya bertanggung jawab pada diri sendiri melainkan beberapa orang lainnya seperti partner kerja, vendor, dan lain-lain.

Terlalu Banyak Promo

Banyak yang bilang,”Start-Up ya harus berani bakar uang kalau enggak nanti akan tertinggal dengan yang lainnya.” Hal ini perlu Anda telaah sebelum menelan pil masyarakat mentah-mentah. Diskon dan promosi memang penting diadakan.

Apalagi dengan karakter masyarakat Indonesia yang cenderung konsumtif. Namun perlu dperhatikan lagi rasio dan dampak panjang dari promo tersebut. Apakah promo yang Anda berikan akan mendongkrak popularitas atau jumlah transaksi harian Anda?

Sah-sah saja melakukan promo, tapi perlu ada riset tersendiri mengenai promo yang akan Anda jalankan. Pikirkan matang-matang promo apa yang cocok? Berapa lama edek kedepannya?

Tidak Paham Cara Marketing Yang Efektif

Dari mana datangnya cashflow kalau bukan dari terjadinya penjualan? Dan darimana datangnya penjualan kalau bukan dari teknik marketing yang jitu dan tepat sasaran?

Nah sebagai pebisnis harus paham strategi marketing. Salah satunya adalah strategi digital marketing karena dinilai lebih hemat, lebih terukur, dan lebih efektif. Contoh kalau Anda memulai bisnis jasa design grafis, Anda harus membuat sebuah website yang representatif lalu membuatnya jadi halaman 1 di Google, atau disebut juga dengan SEO (Search Engine Optimization).

Mengapa? Karena banyak sekali orang yang butuh jasa graphic design yang mencari lewat Google. Kalau website Anda ada di halaman 1, Anda bisa mendapatkan banyak sekali lead yang potensial.

Tidak paham dan tidak punya waktu melakukannya? Tenang saja, sekarang sudah banyak yang menawarkan jasa SEO, terutama di kota-kota besar. Anda sendiri bisa Googling misal jasa SEO Jakarta, dan nanti akan muncul beberapa perusahaan yang bisa Anda pilih.

Itulah beberapa dari kesalahan yang sering dilakukan. Terlepas dari ketiganya, perlu Anda ketahui bahwa menjalankan sebuah bisnis bukan seperti membalik telapak tangan. Namun perlu ada perjuangan, konsistensi, dan fokus yang besar dalam menjalankannya.



Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

Superstock.info


This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon