Hal yang menyebabkan Penyakit Kolesterol



SUPERSTOCK.INFO - Sebagian masyarakat kita kebanyakan baru menyadari di dalam dirinya ada penyakit, ketika sudah terkena atau divonis oleh dokter. Dan kebiasaan seperti itu memang terjadi tak hanya dikalangan bawah dan menengah saja, bahkan kalangan atas juga sering. Padahal penyakit semacam kolesterol, diabetes, jantung, stroke, dan lain sebagainya mengintai setiap saat dalam kehidupan kita. Maka dari itu perlu adanya kesadaran dari kita untuk mendeteksi secara dini yaitu salah satu caranya dengan mengenal berbagai macam penyakit, penyebab, dan dampaknya. Seperti yang akan di uraikan pada kesempatan kali ini yaitu mengenai hal yang menyebabkan penyakit kolestrol bisa terjadi pada kita.

Hal yang menyebabkan Penyakit Kolesterol

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kolesterol merupakan senyawa yang diperlukan bagi tubuh. Kolesterol di dalam darah dibawa protein sehingga membentuk lipoprotein. Sedangkan lipoprotein ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu lipoprotein dengan kepadatan rendah (LDL) istilah lain disebut kolesterol jahat dan lipoprotein dengan kepadatan tinggi (HDL) atau istilah lain disebut dengan kolesterol baik.

Hal yang menjadi masalah utama adalah ketika jumlah kolesterol yang dibutuhkan melebih kapasitas, maka akan menyebabkan pengendapan pada dinding arteri sehingga akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Hal itu akan berpengaruh pada terhambatnya aliran darah ke organ tubuh seperti jantung. Jika aliran darah yang masuk ke jantung sedikit, maka secara otomatis oksigen juga akan sedikit jumlahnya, dan hal tersebut menyebabkan pompa darah semakin kuat sehingga dampaknya pada tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi bisa memicu pecahnya pembuluh darah dan juga penyakit stroke. Oleh sebab itu risiko komplikasi penyakit stroke dan jantung sangat besar apabila memiliki penyakit kadar kolesterol tinggi.

Kolesterol dalam darah yang tinggi bisa disebabkan oleh asupan makanan yang terlalu banyak mengandung lemak jenuh disertai dengan pola hidup yang cenderung tidak teratur dan seimbang. Salah satu penyumbang kolesterol yang paling tinggi dari bahan makanan umumnya berasal dari sumber produk hewani, seperti daging, susu dan telur. Oleh karena itu kita perlu adanya pola hidup yang seimbang, dimulai memilih makanan yang baik dan seimbang bagi tubuh, olah raga teratur, dan istirahat yang cukup. Untuk mengantisipasi terjangkitnya penyakit kolesterol tinggi, maka periksalah ke dokter secara rutin dengan melalui tes darah.


Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

Superstock.info



EmoticonEmoticon