Tips Untuk Backpacker Pemula


Tips Untuk Backpacker Pemula


Backpacker adalah istilah bagi orang yang gemar traveling, namun dengan bujet yang minimalis. Munculnya istilah backpacker itu sendiri tidak lepas dari tas ransel atau backpack yang biasa digunakan untuk membawa pakaian ganti dan berbagai barang lain milik orang tersebut. Sekalipun dengan bujet yang minimalis, tidak berarti keseruan traveling jadi berkurang, kan?

Ada banyak sekali kelebihan yang bisa kita dapatkan jika traveling ala backpacker, salah satunya adalah menjelajahi banyak tempat wisata dengan biaya yang hemat, lebih puas menikmati tempat wisata tanpa terikat aturan dari tour travel dan lain sebagainya. Tetapi, walau terlihat mudah ternyata menjadi backpacker itu perlu banyak persiapan lho!

Nah, jika berminat untuk mulai petualangan sebagai seorang backpacker, sebaiknya ikuti dulu tips-tips berikut ini untuk menjadi backpacker pemula :
  • Pastikan kondisi fisik fit. Sebelum memutuskan bepergian, pastikan dulu kondisi tubuh dan stamina sedang prima. Hal ini dimaksudkan supaya tubuh tak ngedrop saat dibawa bepergian. Dengan kondisi tubuh prima, traveling jadi terasa lebih menyenangkan karena tak ada keluhan apapun dengan kesehatan.
  • Siapkan ransel atau backpack yang kuat dan nyaman dikenakan. Salah satu merk yang paling digemari backpacker Indonesia adalah Eiger. Merk asli dari Indonesia ini memiliki banyak sekali tipe dan desain backpack yang bisa menunjang kegiatan kita selama backpackeran. Muat banyak barang, tapi dengan pembagian beban yang efektif sehingga punggung tidak merasa pegal saat menggendong ransel.
  • Siapkan alat mandi dan kosmetik travel pack. Selalu sediakan sabun, shampo dan set sikat gigi dalam ukuran traveling, biasanya dikemas dalam pouch plastik yang praktis. Kosmetik lelaki maupun perempuan seperti lotion, sunblock, dan alat makeup (untuk perempuan) juga ada kemasan travel, sangat praktis dan tidak memakan banyak tempat.
  • Siapkan uang kecil dalam tempat terpisah. Siapkan dalam bentuk uang lembaran dan uang koin, simpan di dalam dompet khusus yang terpisah dengan uang besar dan kartu ATM.
  • Selalu bawa sendal, baik itu sendal jepit atau sendal gunung jika sewaktu-waktu kaki pegal atau bengkak karena mengenakan sepatu dalam jangka waktu yang lama.
  • Pilih pakaian dengan bahan yang menyerap keringat, mudah dicuci dan dikeringkan serta tidak boros tempat dalam ransel.
  • Jangan lupa kacamata dan topi, serta power bank untuk jaga-jaga jika tak bisa menemukan tempat untuk charging ponsel atau kamera.


Menjadi seorang backpacker itu bukan hal yang sulit, kok! Apalagi jika pada dasarnya kita ini memang sudah suka bepergian. Traveling akan terasa lebih menyenangkan jika kita menikmati setiap proses perjalanannya, ditambah lagi dengan perlengkapan traveling seperti ransel, koper, sepatu atau bahkan topi traveler dengan harga miring bisa didapatkan pada momen Hari Belanja Nasional 2016, backpackeran pasti akan menjadi lebih istimewa.



EmoticonEmoticon